Pesepak Bola Muslim di Eropa


Berikut ini adalah beberapa pesepak bola muslim yang pernah atau tengah merumput di Eropa.

This slideshow requires JavaScript.

1. Zinedine Zidane

Semua orang tentu mengenalnya, pemain yang dinilai sangat karismatik ini telah memenangkan segalanya. Mulai dari penghargaan sebagai individu maupun tim yang dibelanya. Bersama Perancis dia sukses mengawinkan gelar juara dunia 1998 dan Eropa 2000. Pencapaian ini juga yang membawanya terpilih sebagai pemain terbaik dunia dan eropa. Bahkan kepindahannya dari Juventus ke Real Madrid mencatatkan namanya sebagai pemain termahal dunia sebelum dipatahkan oleh Cristiano Ronaldo beberapa tahun lalu. Setelah tidak bermain lagi, kini dia duduk sebagai staff kepelatihan di klub terakhirnya Real Madrid.

2. Kolo dan Yaya Toure

Kolo dan Yaya Toure merupakan dua pesepakbola top muslim yang berasal dari Pantai Gading. Kolo Toure kini bermain untuk klub Inggris, Manchester City. Sedangkan sang adik Yaya Toure bermain untuk juara Spanyol, Barcelona.

3. Robin van Persie

Pemain berbakat asal negeri kincir angin ini menjadi muslim lantaran dia menikah dengan seorang wanita Muslimah. Saat ini van Persie memperkuat tim Gudang Peluru, Arsenal.

4. Nicolas Anelka

Pemain yang telah malang melintang di persepakbolaan benua Eropa ini kini tengah merumput bersama Chelsea. Pria Muslim ini berkebangsaan Perancis. Uniknya baik klub maupun timnas negaranya tersebut sama-sama mempunyai julukan The Blues.

5. Eric Abidal

Eric Abidal merupakan pemain belakang yang sangat kuat dan tangguh yang dimiliki oleh tim Catalan, Barcelona. Dia menjadi seorang Muslim sejak menikah dengan seorang wanita Muslimah bernama Hayet Abidal, enam tahun silam. Terlahir di Lyon, Prancis, pada 11 September 1979, Abidal berasal dari keluarga imigran asal Afrika. Sebelumnya, Abidal merupakan seong pemeluk agama Katolik.

6. Frederic Kanoute

Pemain berkebangsaan Mali ini pernah menolak untuk menggunakan kostum reguler klub-nya, Sevilla karena bertuliskan sponsor dari rumah perjudian. Pemain ini juga tercatat sebagai seorang muslim yang taat dimana dia salalu menegakkah shalat lima waktu sebagai kewajibannya meskipun di tengah-tengah pertandingan. Kanoute juga pernah diberitakan membeli masjid di kota Sevilla ketika masjid tersebut hendak di gusur oleh pemerintah setempat. Yang paling menggemparkan adalah tatkala Frederic Kanoute selebrasi usai mencetak golnya (lihat gambar, -red.) ketika Israel tengah membombardir Gaza, Desember 2008. Gara-gara selebrasi tersebut ia sampai harus didenda oleh pihak Asosiasi Sepak Bola Spanyol (PSSI-nya Spanyol).

7. Momo Sissoko

Sissoko bisa saja berbaju The Blues Perancis, tapi dia lebih memilih bahu membahu membangun sepak bola negaranya, Mali bersama Frederic Kanoute. Sebelum hijrah ke Juventus, Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini, pernah membela klub Inggris Liverpool dan juga Auxerre di Perancis.

8. Zlatan Ibrahimovic

Pemain jebolan Akademi Sepak Bola Ajax ini kini menjadi andalan lini depan AC Milan. Ibrahimovic adalah seorang striker berkebangsaan Swedia. Pria Muslim ini pernah memperkuat klub-klub ternama seperti, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona. Di setiap klub yang dibelanya itu, dia selalu menjadi andalan untuk mencetak gol. Dan uniknya, di setiap klub yang dibelanya pula, dia selalu mempersembahkan gelar.

9. Salomon “Sulaiman” Kalou

Pesepak Bola asal Pantai Gading ini bermain untuk The Blues Chelses bersama rekan senegaranya Didier Drogba. Pemain yang berposisi sebagai Striker ini pernah membela beberapa klub utamanya, Mimosas, Feyenoord dan Exelcisor.

10. Samir Nasri

Pemain berkebangsaan Perancis ini adalah teman satu tim Robin van Persie di Arsenal. Sebelum berkostum Arsenal, dia sempat memperkuat klub Perancis, Marseille. Pemain muda ini digadang-gadang bisa menggantikan peran Zizou (julukan Zidane) yang pensiun pada tahun 2006 silam.

11. Mesut Oezil

Pemain muda berbakat ini tengah menunjukkan performa yang gemilang bersama Real Madrid usai hijrah dari Werder Bremen awal musim ini. Mesut Ozil juga berperan besar mengantarkan Jerman ke posisi tiga besar Piala Dunia 2010 kemarin. Selain Madrid dan Werder Bremen, Schalke adalah klub lain yang pernah mendapatkan servis pemain berbakat ini.

Sebenarnya masih banyak lagi pemain-pemain muslim yang berlabel pamain top dunia maupun Eropa. Tapi cukuplah saya sampaikan 11 diantaranya, mudah-mudahan kita bisa mengambil pesan dari kenyataan ini. Sebagai seorang Muslim kita harus bangga dengan kemusliman kita. Sebagaimana pesan salah seorang pemain internasional Mesir, Abou Trika: “Saya Pemain Bola, Tapi Saya Juga Muslim”.

Silahkan kalimat itu anda sesuaikan dengan pekerjaan Anda…