Visual vs. Verbal


'Tabungan Haji'

Anda pernah memainkan permainan ‘Ikuti Kata-kata saya’??? Jika belum, baiklah saya jelaskan sedikit tentang permainan tersebut. Satu orang instruktur berdiri di depan yang peserta permainan tersebut. Kemudian memberikan instruksi kepada peserta untuk melakukan gerakan sesuai kata-kata yang diucapkan oleh instruktur. Pada awalnya, sang instruktur mengatakan, “pegang hidung”, tangan kiri sang instruktur memegang hidungnya. Dan dengan mudah, para peserta pun mengikutinya. Demikian yang kedua, ketiga dan seterusnya, sang instruktur memegan telinga, dagu, kepala, perut, lutut dan sebagainya. Uniknya pada waktu tertentu, sang instruktur “mengatakan pegang ‘A'”, tapi di saat bersamaan, tangannya justru memegang ‘B’ sehingga banyak peserta yang kemudian salah karena memegan ‘B’ dan dihukum. Ya, begitulah kurang lebih permainannya.

Dari permainan itu, kita bisa mengambil satu pelajaran, dimana kita seringkali lebih mudah menangkap pesan dari apa-apa yang kita atau disampaikan secara visual daripada apa yang kita dengar atau disampaikan secara verbal.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesimpulan yang sama dengan kesimpulan diatas. Malam itu, dua orang keponakan saya menginap di rumah. Tanpa sengaja mereka berdua melihat saya menyimpan uang logam ‘recehan’ di dalam botol bekas air mineral yang dilubangi dengan lubang di sisinya. Saat itu saya tidak terpikir dalam benak saya bahwa itu bisa ‘menginspirasi’ salah satu dari mereka untuk menabung. Memang saat itu, saya bilang ini buat tabungan haji, sambil memasukan beberapa keping uang logam ke dalamnya.

Subhanalloh, betapa terkejutnya saya, dua hari kemudian saya main ke rumah kakak ipar, anak tersebut membawa satu lembar uang dua ribuan dan beberapa keping uang logam kemudian mencari-cari kaleng/ botol mineral untuk dijadikan celengan serupa dengan yang saya ‘iseng-iseng’ lakukan. Akhirnya sayapun membantunya untuk membuatkannya celengan dari botol mineral hampir sama persis dengan yang ada di rumah.

gambar: link

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s