Keajaiban Do’a


Awal bulan ini adalah tepat jatuh tempo janji saya kepada teman untuk mengembalikan pinjaman darinya senilai ‘sekian’ rupiah. Bagi anda mungkin jumlah itu bukanlah nilai yang besar, pun begitu bagi saya, jika memang kondisi keuangan sedang dalam kondisi yang normal. Sayangnya kondisi keuangan kami (saya dan istri, red.) sedang ‘kembang kempis’ jadi belum memungkinkan untuk menyelesaikan pinjaman dari temen saya itu. Sudah ditanyakan beberapa kali oleh yang bersangkutan, sampai-sampai hati ini benar2 tak enak hati.

Disela kesibukan saya mengurus visa untuk jamaah umrah kami, Jum’at kemarin, shalat jum’at di masjid Raya Al Ittihad Tebet Barat. Subhanalloh, jamaahnya luar biasa membeludak. Masjid besar yang terdiri dari dua lantai itu penuh sesak oleh jamaah. Tidak hanya di dalam masjid, di teras, di tangga pun penuh. Tidak kurang, di area parkir di sela-sela mobil dan motor pun dijadikan tempat sholat oleh jamaah, meskipun hanya beralaskan koran.

Singkat cerita, saya dapat posisi di serambi bawah sebelah kiri tepat sejajar dengan shaf ketiga ma’mum yang berada di dalam masjid. Saat khatib selesai menyampaikan khutbah pertamanya, saya sempatkan berdo’a se-khusyuk-khusyuk-nya. Saya mohon kepada Alloh untuk memudahkan urusan saya (terutama dalam mengurus visa, red.). Shalat jum’at pun selesai seperti biasa. Selepas Jum’at, sambil jalan saya melihat-lihat beraneka macam barang yang dijajakan di lapangan di depan masjid. Saya biasa menyebutnya sebagai pasar jum’at karena ‘pasar’ seperti ini tidak sulit dijumpai setiap hari jum’at di sekitar masjid di Jakarta.

Sepulang dari shalat jum’at saya langsung menuju tempat operator visa. Setelah beberapa kali berkomunikasi via telpon dengan teman yang sedang saya uruskan visa-nya. Akhirnya selesai juga pengurusan visanya. Visa yang sudah selesai saya serahkan pada teman di Singapur melalui temannya yang ada di Cempaka Putih. Selesai mengurus visa ini saya benar-benar merasa do’a saya dijawab Alloh dengan ‘kontan’ seketika, hanya beberapa jam setelah shalat jum’at. Bahkan apa yang diberikan Allah itu lebih dari sekedar kemudahan mengurus visa, tapi saya juga bisa membayar sebagian pinjaman saya kepada teman, meskipun sudah lewat beberapa hari. Allah membagikan rizkinya lewat teman saya tadi. Alhamdulillah, inilah kejaiban do’a.

Ibroh:

Ibarat dua sisi mata uang yang tidak akan bisa dipisahkan satu sama lain, kehidupan kita pasti tidak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah, apapun bentuknya. Baik itu masalah ekonomi, pendidikan, hubungan sosial, ataupun masalah-masalah yang lain.

Seberapa besarkah masalah yang sedang Anda hadapi? Seringkali kita merasa masalah kita begitu berat, begitu rumit dan -hampir- tidak mungkin dipecahkan. Tapi, tahukah Anda dibalik permasalahan yang -seolah2- besar itu, ada Alloh yang maha Besar? Ya, kita cukup mengadu kepada-Nya yang Maha Besar.

Maka benarlah apa yang disebutkan dalam firman-Nya pada Surat Al Baqarah: 45-46, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya” dan surat Mu’min: 60, “dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan…”

Sebenarnya kita juga tidak bisa mengabaikan do’a-do’a dari orang sekitar kita. Keluarga, Ibu, Adik-adik, Istri/ suami serta teman-teman semua, kita tidak bisa melupakan do’a mereka semua. Disini saya juga ingin mengucapkan terima kasih untuk semua orang yang tak pernah melepaskanku dalam setiap do’a dan munajatnya kepada Alloh SWT. Dialah Istriku, Endang Safitri.


10 thoughts on “Keajaiban Do’a

  1. Yap, doa itu ajaib. Itulah kenapa saiia juga lebih suka ngasih doa banyak-banyak aja buat yang sedang berbahagia (cth: lagi ulangtahun) daripada kasih kado.. *alah:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s