Cek Tagihan Listrik


Beberapa bulan ke belakang, saya mulai disibukkan dengan rutinitas bulanan baru, membayar listrik. Hal yang saya yakin, juga dirasakan oleh mayoritas ‘bapak rumah tangga’ di Indonesia ini.

Kita seringkali pusing menghitung berapa besaran tagihan yang harus kita bayarkan ke PLN. Paling tidak itulah yang pernah saya rasakan. Ceritanya saya benar-benar penasaran dengan hal itu. Akhirnya saya iseng2 nanya ke mbah google. Ternyata, ada banyak artikel tentang cara ngecek tagihan listrik dari PLN itu. “Wah…, ternyata saya lah yang kuper kalau begitu”, pikirku.

Dari hasil pencarianku itu, hampir semua artikel yang ada, memaparkan cara yang sama yaitu mengunjungi/mengklik link: http://202.162.217.251/info_billing/index.php. Yang sayangnya setelah saya coba berkali2 hasilnya nihil, alias gatot, gagal total. Link tersebut sudah expired. Barangkali, dulu memang bisa ngecek tagihan listrik dari link itu.

Dari situ saya semakin penasaran, masa iya sich gak ada cara lagi buat sekedar ngecek tagihan listrik? Berulangkali saya coba cari, ternyata hasilnya sama. Artikel-artikel yang sama yang saya temukan. Hampir frustasi sebenarnya. Sampai akhirnya muncul ide, coba aja cari dari situs PLN-nya langsung. Kali aja ada link untuk ke sana. Eh ternyata bener, saya bisa ngecek tagihan rekening listrik dari sana.

Mungkin cara ini hanya berlaku bagi pelanggan PLN Jakarta saja, karena link yang saya temukan adalan Situs PLN Wilayah Distribusi Jakarta dan Tangerang. Bagi Anda yang hendak mencobanya silahkan gunakan cara-cara dibawah ini:

  1. Buka alamat situs PLN http://www.jakarta.pln.co.id/default1.asp
  2. Pada bagian Pojok Kanan ataS, arahkan pointer pada gambar/ icon Rekening Anda, kemudian pilih menuPasca Bayar
  3. Setelah keluar tampilan seperti gambar di atas, lanjutkan dengan mengisi kolom ID Pelanggan Anda dengan id pelanggan Anda. Kemudian masukkan nama Bulan dan Tahun.
  4. Setelah itu, klik ikon Go/ Cek Tagihan

Demikian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cek Tagihan Listrik

  1. wah…jazakallah khair…baru sekarang sy tahu bahwa info bayar pln bisa di cek lewat internet…benar2 kuper…sy cek dari palembang bisa dan bukan hanya untuk jakarta….

Leave a Reply

