Belajar Produktifias dari Dunia Game!


Percaya atau tidak, ada satu waktu dimana seorang yang produktif itu tidaklah produktif! kelemahan terbesar saya adalah video game – secara manusiawi, saya kecanduan video game, dan Alhamdulillah saya berhasil melepaskan diri darinya saat saya kuliah di universitas dan harus hidup tanpa mereka selama 4-5 tahun.

Ada kualitas adiktif tentang ‘game’ yang saya tidak mengerti, saya tahu mereka menyenangkan, dan “melalaikan” dari kenyataan, tapi masih ada lagi. Saya baru saja mengunjungi  TED.com di mana pembicara menguraikan sifat-sifat adiktif permainan ‘game’ dan bagaimana gamer pada dasarnya ‘produktif’ dengan cara ‘aneh’nya sendiri.

Jadi saya pikir: pelajaran apa yang dapat kita ambil dari para gamer dan game untuk membantu kita menjadi produktif dalam kegiatan sehari-hari kita? Jika Anda berpikir tentang hal ini, gamer sebenarnya ‘produktif’ dalam apa yang mereka lakukan – mereka sangat ‘fokus’, ‘bekerja keras’, dan ‘tertentu’ dalam mencapai tujuan virtual mereka. Ini membuat Anda bertanya-tanya kadang-kadang apa yang bisa dicapai jika gamer di seluruh dunia mengarahkan konsentrasi, upaya, dan ketekunan mereka untuk karya-karya nyata dan positif.

Ini bukan seruan bagi kita untuk menjadi gamer, melainkan untuk mengambil pelajaran dari dunia game yang insya Allah akan membantu kita mencapai “manisnya produktifitas” (yaitu produktifitas yang sangat menyenangkan sehingga kita tidak ingin berhenti menikmatinya! ).

games bersifat adiktif karena tiga hal:

1. Tujuan / Arti
Games memberi tujuan dan arti pemain – mereka memiliki ‘misi’ untuk menyelesaikan dan ‘level’ untuk dicapai. Kesadaran akan tujuan ini membuat gamer akan terus bertahan selama berjam-jam, mengulang ‘level’ lagi, lagi, dan lagi, dan hampir tak pernah menyerah. Jika Anda melihat permainan terbaik, mereka adalah orang-orang yang memiliki cerita yang paling menarik dengan tujuan terkuat! (Panggilan tugas siapapun?)

2. Jaringan Sosial
Sebelum munculnya Internet, permainan konsol dan bahkan permainan papan sederhana adalah peristiwa sosial. Keluarga dan teman-teman berkumpul untuk bersenang-senang. Sekarang jaringan game sosial telah ‘berevolusi’ dengan Online Massive Multi-Player Games; jutaan orang di seluruh dunia, terhubung, bertemu, berbicara, berkelahi, berlari, melompat, dan berperang bersama-sama! Ikatan sosial antar gamer kadang-kadang mengorbankan hubungan keluarga, baik sekeda melemah mereka atau bahkan benar-benar memutuskannya.

3. Kesan Kemenangan
Permainan memberikan kemenangan impresif! Gamer di dunia tidak menyukainya, yang penting pukulan terakhir ke bos penjahat (musuh)? Ini adalah perasaan berprestasi. Di sisi lain, dan aku tahu ini secara pribadi, yang tidak dibenci gamer, layar hitam kematian dengan teks menjengkelkan: Game Over! Kemenangan impresif ini sangat erat kaitannya dengan kebanggaan seorang gamer, hal ini menyebabkan seorang gamer menghabiskan berjam-jam sampai egonya meningkat! Dan tampilan ‘Game Over!’ erat hubungannya dengan perasaan-perasaan negatif/ aib seorang gamer, sehingga ia akan berjuang begitu keras (dengan jari-jari mereka) untuk menyelamatkan diri dari ‘aib dan kekecewaan’ itu!

Jadi, tujuan, interaksi sosial, dan Kesan Menang / Kalah adalah tiga faktor kunci yang membuat game begitu adiktif dan gamer menjadi begitu ‘produktif’ dan ‘pekerja keras’ di dunia virtual mereka. Sekarang, mari kita terapkan tiga hal diatas di dunia nyata dan mari kita lihat apakah bisa membuat kita produktif:

1.       Memiliki Tujuan/ Arti untuk apapun yang Anda lakukan

Sungguh ‘menakjubkan’ bagaimana kita menjalani hidup dengan sedikit atau tanpa maksud tujuan dalam apa pun yang kita lakukan. Kita tidak punya tujuan di balik studi-studi kita, kerja kita, waktu yang senang-senang kita. Jika Anda ingin memiliki kehidupan yang produktif dan menyenangkan, milikilah tujuan yang kuat! Alhamdulillah, sebagai Muslim, kita diberi tujuan terbesar dan terbaik dalam hidup; tujuan tidak hanya terbatas pada kehidupan sementara, tetapi untuk dunia (dunia sementara) dan untuk akhirat yang kekal, dan tujuan itu adalah untuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi berapa banyak dari kita benar-benar terhubung ke tujuan ini?

2.       Membangun Jaringan Sosial di sekitar apa yang Anda lakukan

Jika Anda ingin menjadi produktif dalam apa yang Anda lakukan, libatkanlah orang lain! Aku bisa bilang dari pengalaman pribadi bagaimana produktivitas saya berlipat saat bekerja pada sebuah proyek dengan orang lain, dibandingkan dengan ketika saya bekerja sendiri. Ketika kita bekerja dengan orang lain, kita berkomitmen untuk bekerja sama dan tidak ingin terlihat buruk, jadi kita berusaha keras untuk menepati janji kita. Tetapi ketika kita bekerja sendiri, kita sering kehilangan akuntabilitas diri dan motivasi. SubhanaAllah, ini membuat saya berpikir bagaimana Islam sebagai suatu “komunitas agama” – jika anda melihat sebagian besar ritual dalam Islam, dilakukan “berjama’ah”. Sholat, haji, puasa Ramadhan- (Anda berpuasa bersama komunitas Anda dan berbuka bersama mereka), dll.

3.       Bayangkan Kemenangan/ Kekalahan Epik Anda

Pastikan apapun yang Anda lakukan, Anda bisa membayangkan saat ‘kemenangan epik’-nya yang dapat secara positif dan meyakinkan terhubung. Pastikan Anda juga membayangkan ‘kesan kekalahan’ sehingga mencegah dari malas dan tidak produktif. Mari kita lihat contoh belajar untuk ujian: saat menggembirakan Anda akan melewati ujian Anda, melihat orang tua Anda tersenyum untuk pencapaian Anda, menerima sertifikat Anda, Sebaliknya, momen kekalahan Anda adalah saat gagal ujian, melihat kekecewaan pada wajah orang tua Anda, dan atau mengulang satu tahun lagi, sementara teman-teman Anda lulus ke tahun berikutnya! Kita dapat menerapkan ini lebih lanjut, untuk seluruh hidup kita; kemenangan epik kita adalah, Jannah! Terhubung dengan Jannah melalui deskripsi yang diberikan kepada kita dalam Al Qur’an, dan Anda benar-benar tidak ingin kehilangan itu! Dan juga belajar tentang hilangnya epik, Jahanam sehingga Anda mencegah diri dari apa-apa  Alloh Subhanahu wa Ta’ala tidak sukai.

Dear Gamer …
Sekarang sebelum saya akhiri, saya ingin membuat alamat kecil untuk para gamer tercinta kita. Jumlah jam yang gamer habiskan untuk bermain video game mengejutkan. Satu studi memperkirakan bahwa gamer di seluruh dunia secara bersama-sama menghabiskan 3 miliar jam per minggu, bermain game! Inna lillahi wa inna ilayhi rajoun! Aku ingin saudara muslim yang saya cintai yang kecanduan game (seperti saya) untuk bangun dan menjadi produktif dalam hidup, dan menemukan hobi atau sumber relaksasi yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah agar gamer bisa “bangun” dari gaya hidup yang tidak produktif:

1.       Tujuan / Arti

Jujur, menurut Anda, mencapai ‘level’ tambahan/ bonus atau membunuh penjahat akankah benar-benar menambah sesuatu berharga untuk hidup mu? Sungguh, tanyakan pada diri Anda? Renungkan Surat Al-Asr (# 103), karena memang kita tidak hanya kehilangan waktu, tetapi juga membuang-buang nya sia-sia.

2.       Jaringan Sosial

Apakah orang asing di belakang computer, beberapa menggunakan avatar wanita untuk menyembunyikan identitas dirinya, benar-benar teman Anda? Apakah orang tak dikenal ini lebih dekat denganmu dan lebih berharga daripada orang tua Anda yang telah mencurahkan perhatian dalam seluruh hidup mereka dan melakukan banyak hal untuk membuat Anda bahagia (baik yang Anda ketahui atau tidak)?

3.       Epik Menang/ Kalah

Aku ingat bahwa setelah euforia menang dalam permainan atau menyelesaikan tingkat terakhir, saya akan merasa hampa. Aku tidak benar-benar bahagia; kebahagiaan saya hanya sesaat dan semu. Kebanyakan gamer menyelesaikan hal ini dengan pergi dan membeli permainan baru, tapi lalu apa? Kapan siklus ini berakhir?

 

Jadi panggilan yang tulus untuk saudara muslim tersayang saya, dari saudara Anda yang telah ada disana, untuk keluar dari kecanduan dan bangun ke dunia nyata.

Dunia nyata jauh lebih indah, jauh lebih memuaskan, dan membutuhkan Anda, masing-masing dari Anda, untuk menyelamatkannya dan mencapai akhir kemenangan epik, Jannah dan keridho’an Allah Subhanahu wa Ta’ala!

 

Artikel ini adalah hasil terjemahan ketiga saya setelah sebelumnya saya dari artikel dengan judul aslinya Lessons from The Gaming World! yang saya ambil dari situs, productivemuslim.com. Demikian, mudah-mudahan bermanfaat. Saran dan kritik silahkan tinggalkan comment di bawah ini,🙂

16 thoughts on “Belajar Produktifias dari Dunia Game!

  1. Selalu ada sisi positif dan negatifnya kan..🙂
    Saya juga dulu kecanduan main game (wajar, masih kecil😛 ), sekarang malah kecanduan internet.. Haha tapi tetep berusaha buat bikin jadi bermanfaat sesuai poin2 itu..
    Nice post mas🙂

  2. Terakhir main game, waktu masih duduk di bangku SMP.
    Waktu sedang booming-boomingnya game online😀
    Setuju juga dengan uraian di atas, bermain game tidak selamanya negatif.
    Bahkan ada yang bisa dapat udang dari bermain game🙂
    tergantung pintar-pintarnya kita memanfaatkannya

  3. ^_^

    semua memang memiliki nilai positif …
    game pun ternyata bisa membawa manfaat … tergantung bagaimana kita menyikapinya …
    (ane pun lagi asyik maen Cafe House di games.co.id …) hehehe …
    salam ukhuwah …

  4. Dari beberapa game yang saya mainkan, terkadang saya mendapat tambahan pengetahuan dari game tersebut. Tapi memang tergantung genre game yang dimainkan juga sih.

Leave a Reply

