‘Alim


Tulisan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang merupakan serial dari Buku Biarkan Dakwah Bermetamorfosa. Selamat menyimak.

‘Alim

Seorang rabbani haruslah berilmu, mengingat kedudukan ilmu memang sangat penting dalam Islam. Cukuplah tergambar dari kalimat pertama dari Allo SWT yang dihantarkan Jibril kepada Rasulullah, Iqra’ ; Bacalah! Bahkan pengulanagan kata ilmu dalam Al Qur’an lebih dari 800 kali. Lantas apa saja ilmu yang diperlukan? Seorang teman kebingungan akan hal ini. Di bangku pendidikan formal, ia mempelajari ilmu yang disebutnya ‘konvensional’, namun di sisi lain beliau ingin sekali menguasai ilmu syariah. Namun secara sporadis dan membabi buta ia melahap buku-buku agama dengan melupakan bahwa kita juga harus menjadi murid dari seorang guru, bukan muridnya buku. Akhirnya ilmu yang didapatkan pun tidak sistematis dan cenderung tidak menjawab persoalan. Ilmu model baru ini punya nama sendiri, ilmu saru-ah. Ya, saru!

Al ‘alamah DR. Yusuf Al Qardhawy secara bijak menglasifikasi ilmu-ilmu yang kita perlukan dalam tuntutan zaman yang semakin berat ini:

  1. Ilmu Syari’ah

Jelas ilmu ini menjadi sandaran pokok dalam setiap gerak kehidupan umat Islam. Karenanya penguasaan terhadap ilmu syari’ah menjadi tuntutan penting dalam rangka memformat diri dengan program rabbani. Ilmu seputar Al Quran, Al Hadits, Fiqh dan Ushul Fiqh, serta beberapa pemahaman dasar lainnya mesti dikuasai. Sekurang-kurangnya yang bersifat fardhu ‘ain.

DR. Raghib As Sirjani, penulis buku best seller internaionalnya, Iqra’ la budda an taqra’ atau yang kita kenal dengan Spiritual Reading memberikan tips buku-buku yang mudah digunakan untuk belajar ‘ulum syar’i bagi para pemula, terutama yang tidak pernah mengecap pendidikan agama secara formal. Buku-buku ini sepanjang pengetahuan saya seluruhnya telah terbit dalam bahasa Indonesia. Tentu saja selain membaca kita tetap perlu bimbingan para ulama dalam mempelajarinya secara lebih mendalam. Fas-alu ahladzikri in kuntum la ta’lamun. Inilah buku-buku standar tersebut, dengan beberapa tambahan tentunya.

  • Intisari Tafsir Ibnu Katsir. Ini adalah buku tafsir yang bagus, sederhana dan mudah dalam susunan katanya. Kita bisa mulai membaca dari juz 30 terlebih dahulu, kemudian berlanjut ke surat-surat berikut yang kita hapal.
  • Ada satu tafsir lagi yang penuh nuansa ruhiyah dan semangat pembelaan terhadap Islam, bahasanya indah dan sangat menggugah, judulnya Fi Zhilalil Qur’an, karangan As Syahid Sayyid Quthb. Tafsir kontemporer ini sangat berbobot karena kedalaman ilmu dan kearifan Sayyid Quthb dalam bidang bahasa, disamping itu ia ditulis oleh pengarangnya selama mendekam di penjara militer Mesir pada zaman penindasan umat Islam oleh rezim Gamal Abdul Nashir. Di sanalah perpaduan antara teori, realitas perjuangan dan kekokohan iman bertemu, sehingga menjadikannya memiliki nilai lebihdibanding buku-buku tafsir lainnya. Beberapa tahun yang lalu salah satu televisi swasta nasional pernah menayangkan program bedah tafsir ini setiap selasa pagi.
  • Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq. Terutama juz pertama yang membahas tentang hukum shalat, zakat, puasa dan haji. Pengetahuan ini penting kita miliki agar dapat melaksanakan ibadah secara benar, sesuai perintah Allah SWT. Selain itu ada juga buku bagus karya DR. Yusuf Al Qaradawi berjudul Ibadah dalam Islam.
  • Minhajul Qashidin, karya ibnu Qudamah. Membahas seputar masalah ruhani, penyakit hati, cara menyembuhkannya juga memuat banyak hal tentang menjauhi akhlaq tercela. Bisa juga digunakan buku Tazkiyatun Nafs atau penerbit lain menggunakan judul Mensucikan Jiwa, karya Syaikh Sa’id Hawa. Buku-buku Manajemen Qalbu Aa’ Gym juga sangat bagus.
  • Khuluqul Muslim atau Akhlaq Seorang Muslim karya Syaikh Muhammad Al Ghazali menjadi rujukan yang bermanfaat dalam memahami akhlaq mendasar yang mesti dimiliki seorang Muslim.
  • Wanita menempati posisi mulia dan unik dalam Islam. Hukum bagi mereka lebih spesifik demi menjaga kehormatan dan kseuciannya. Penjelasan detail tentang kedudukan dan peran wanita dalam Islam, syubhat yang ada serta jawabannya, dapat dipahami lewat buku Wanita dalam Pandangan Islam karya DR. Abdul Muta’al Al Jabari.
  • Ar Rahiqul Makhtum karya Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri merupakan peraih penghargaan sebagai buku sejarah hidup Rasulullah (sirah nabawiyyah) terbaik oelh Rabithah ‘Alam Islamy yang berpusat di Saudi. Buku ini mengemas secara singkat dan sederhana, namun mengena, sejarah dari awal sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW sampai akhir hayatnya. Buku ini terbit dalam beberapa variasi judul, antara lain Sejarah Hidup Nabi Muhammad dan Sirah Nabawiyah.
  • Shuwar min Hayatis Shahabah atau Ensiklopedi Sahabat karangan Abdurrahman Raf’at Basya adalah referensi yang sangat bagus tentang perihidup para sahabat ridwanullahu ‘alayhim ajma’in, yang merupakan tipologi ideal masyarakat Islam seperti disabdakan Rasulullah SAW, khairu qarn qarniy, sebaik-baik zaman adalah masaku. Buku lain yang biasa dibaca adalah Rijal haula rasul atau Karakteristik 40 Sahabat Nabi.
  • Ulama besar asal India, Syaikh Abul Hasan Ali Al Hasani An Nadwi, menulis sebuah karya monumental berjudul Madza khasiral ‘alam bi inhiththatil Muslimin. Terjemahannya terbit dengan judul Derita Dunia Akibat Kemunduran Umat Islam. Buku ini menjelaskan secara gamblang kondisi dunia sebelum Islam, serta bagaimana kemudian Islam mengubah dan memperbaiki manusia dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Masih banyak buku-buku lain yang penting dan bermanfaat bagi kita, namun rasanya buku-buku di atas dapat menjadi koleksi awal yang berguna dalam perpustakaan pribadi kita.

to be continued…

2 thoughts on “‘Alim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s