01. Pada hari Rabu, 29 Juni yg lalu, telah diadakan Seminar Pendidikan Islam di Univ. Ibn Khaldun, Bgr. #Sejarah
02. Seminar tsb bertajuk “Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Urgensi dan Aplikasinya pd Kurikulum SMA”. #Sejarah
03. Acara tsb jg sekaligus menjadi peluncuran resmi sebuah buku pelajaran #Sejarah utk tingkat SMA.
04. Buku tsb diberi judul “#Sejarah Nasional Indonesia: Perspektif Baru” (2 jilid), karya Tiar Anwar Bachtiar dkk.
05. Buku #Sejarah yang baru ini, sesuai judulnya, membawa perspektif baru, yaitu perspektif yg ‘jujur’ thd Islam.
06. Penulisan #Sejarah yg jujur dan apa adanya adalah hal paling prinsip yg hrs jd perhatian semua sejarawan.
07. Pd kenyataannya, sudah sejak lama kita memahami #Sejarah sebagai kisah yg ditulis oleh para ‘pemenang’.
08. Sdh barang tentu, istilah ‘pemenang’ di sini konteksnya sangat temporal. #Sejarah
09. Karena ‘pemenang’ #Sejarah silih berganti, maka versi sejarah pun terus berganti.
10. Dahulu, masyarakat Eropa terus dihasut dgn berita2 miring ttg Islam dan Shalahuddin al-Ayyubi. #Sejarah
11. Muncul imej yg menggambarkan Islam dalam wajah yg haus darah, barbar dan keji. #Sejarah
12. Namun seiring berjalannya waktu, Barat pun ‘dipaksa’ utk jujur dlm menilik sejarah Perang Salib. #Sejarah
13. Karena cendekiawan Muslim bermunculan di mana-mana, maka perlawanan intelektual pun muncul. #Sejarah
14. Berbagai fakta terungkap, sehingga kontribusi peradaban Islam di masa lampau tak bs lg ditutup-tutupi. #Sejarah
15. Anda, misalnya, dpt melihat kegemilangan peradaban Islam di situs http://www.muslimheritage.com/. #Sejarah
16. Situs tsb memperlihatkan fakta2 sejarah yg selama ini ditutup2i oleh peradaban Barat. #Sejarah
17. Bila berbicara ttg #Sejarah Sains di Barat, seringkali terjadi ‘lompatan’ yg jaraknya berabad-abad.
18. Prof. Malik Badri memberikan catatan khusus mengenai ‘lompatan’ #Sejarah semacam ini.
19. Biasanya, peradaban Barat selalu mengacu pada Yunani kuno, seolah2 dari situlah sumber peradaban Barat. #Sejarah
20. Setelah menyebut nama2 besar spt Phytagoras, Socrates, Plato, Aristoteles dan Euclid, apa yg terjadi? #Sejarah
21. Ternyata, #Sejarah Barat tiba-tiba ‘melompat’ 15 abad hingga ke jamannya Roger Bacon.
22. Jika bicara ttg sains, #Sejarah Barat ‘melompat’ 13 abad dari Galen hingga ke jamannya Copernicus.
23. Ini terjadi krn ada suatu hal menarik yg terjadi setelah jaman Yunani kuno berlalu. #Sejarah
24. Hal ini diungkap oleh Kabuye Uthman Sulaiman, cendekiawan Muslim asal Uganda. #Sejarah
25. Jika kita memandang sejarah secara jujur, dlm kurun waktu belasan abad itu akan dijumpai kontribusi Islam. #Sejarah
26. Pada masa itu, seorang Raja Muslim di Spanyol punya 600rb buku dlm perpustakaan pribadinya. #Sejarah
27. Kota Cordoba yg dikuasai Islam saat itu telah memiliki 800 sekolah umum. #Sejarah
28. Tidak ada satu desa pun yg tidak terjangkau oleh fasilitas pendidikan pada masa itu. #Sejarah
29. Bahkan pada masa itu nyaris tak ada satu pun rakyat jelata Muslim Spanyol yg tak bisa baca-tulis. #Sejarah
30. Pada saat yg sama, jangankan rakyat, bahkan Raja-raja Eropa pun tak bisa membaca atau menulis. #Sejarah
31. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi dlm artikelnya di majalah ISLAMIA pernah membahas seputar akar peradaban Barat. #Sejarah
32. Kini, setelah para ahli di Barat mulai ‘berani’ bicara jujur ttg #Sejarah, ditemukan hal2 yg mungkin mengejutkan bg sebagian org.
33. Setelah era filsafat Yunani kuno, peradaban Barat (Eropa) ternyata tidak berkembang. #Sejarah
34. Setelah itu, datanglah jaman kegelapan di Eropa. Inilah masa2 ketika Barat ditutupi oleh kejahilan. #Sejarah
35. Islam kemudian memasuki Eropa dgn tingkat intelektual yang jauh lebih superior. #Sejarah
36. Berbeda dgn kaum lain yg membumihanguskan jajahannya (spt Mongol), Islam datang dgn membawa pencerahan. #Sejarah
37. Karya2 filsuf Yunani digali, diterjemahkan dan dipelajari kembali. #Sejarah
38. Tidak semua filsafat Yunani dapat diterima, tentu saja. Dlm proses itu ada jg tahap penyaringannya. #Sejarah
39. Ketika Islam menguasai Spanyol, maka keadaan Spanyol jauh berbeda dgn di daratan Eropa lainnya. #Sejarah
40. Krn peradaban Islam bukan peradaban yg rasis dan fasis, maka siapa pun boleh menuntut ilmu. #Sejarah
41. Dari peradaban di Spanyol inilah warga Eropa berduyun-duyun menuntut ilmu. #Sejarah
42. Setelah masa berabad-abad, peradaban Islam menemui antiklimaksnya. #Sejarah
43. Sebaliknya, Barat mencapai puncak kejayaannya dgn memanfaatkan temuan2 ilmuwan Muslim. #Sejarah
44. Tentu saja, dlm prosesnya terjadi ketidakjujuran intelektual, yaitu dgn menutup2i #Sejarah peradaban Islam.
45. Di Indonesia, ketidakjujuran #Sejarah juga seringkali terjadi, bahkan secara sistematis.
46. Jika berbicara ttg puncak kegemilangan bangsa Indonesia, maka rujukannya adalah Sriwijaya dan Majapahit. #Sejarah
47. Dgn Sumpah Palapa, muncullah klaim bahwa kekuasaan Majapahit sudah meliputi Malaysia, Thailand dan Filipina. #Sejarah
48. Pdhal, jangankan di luar negeri, di Sumatera pun nyaris tak ada bekasnya. #Sejarah
49. Dgn kata lain, jika memang Sumpah Palapa itu benar ada, maka realisasinya sangat diragukan. #Sejarah
50. Ketika menceritakan #Sejarah masuknya Islam, lagi2 muncul pemberian imej yg salah thd Islam.
52. Dgn kata lain, Islam-lah yg dijadikan kambing hitam bagi berakhirnya era kejayaan bangsa Indonesia. #Sejarah
53. Masih banyak fakta2 sejarah lain yg disembunyikan utk menutupi kontribusi umat Muslim di negeri ini. #Sejarah
54. Sudah sejak lama, misalnya, Buya Hamka ‘menggugat’ #Sejarah Pangeran Diponegoro.
55. Menurutnya, #Sejarah ttg Diponegoro sdh demikian kabur, sehingga imej mistis justru lebih kental drpd sejarah aslinya.
56. Identitas Pangeran Diponegoro sbg seorang ulama besar justru tidak pernah disebut. #Sejarah
57. Sebaliknya, Diponegoro justru disebut2 melakukan perlawanan thd Belanda krn tanahnya direbut. #Sejarah
58. Dlm pandangan Buya Hamka, memang ada yg dgn sengaja menghilangkan identitas keulamaan beliau. #Sejarah
59. Padahal, dari dulu sampai sekarang, sulit sekali dijumpai Raja-raja Jawa lain yg bersorban dan bergamis. #Sejarah
60. Gaya berpakaian yg sangat ‘ekstrem’ dibandingkan dgn keluarga Keraton lainnya adalah bukti keulamaannya. #Sejarah
61. Oleh krn itu, Hamka menegaskan bhw perjuangan Diponegoro adalah jihad utk menegakkan Islam di tanah Jawa. #Sejarah
62. Masih banyak ketidakjujuran #Sejarah lainnya, misalnya dlm sejarah lahirnya Pancasila dan Piagam Jakarta.
63. Dari sisi lain, ada juga ketidakjujuran dalam bentuk lainnya. #Sejarah
64. Dlm pelajaran #Sejarah, kita dpt dgn mudah menemukan uraian ttg masuknya agama Hindu, Budha dan Islam.
65. Tapi mengapa tak pernah ada pembahasan ttg masuknya agama Kristen? #Sejarah
66. Ini membuktikan bahwa penulisan #Sejarah di Indonesia selama ini masih saja berkiblat ke Barat.
67. Pemerintah Kolonial Belanda mmg berusaha keras merekayasa #Sejarah Indonesia demi kepentingannya sendiri.
68. Dlm #Sejarah versi mereka, tak pernah ada kisah ttg masuknya agama Kristen ke Nusantara.
69 .Sebab, kalau harus diceritakan, maka harus diakui bahwa agama Kristen masuk dgn membonceng kolonialisme. #Sejarah
70. Tentu saja, fakta ini haruslah ditutupi oleh Belanda. Anehnya, bangsa Indonesia mengikut saja. #Sejarah
71. Tiar Anwar Bachtiar, ketua tim penulis buku “#Sejarah Nasional Indonesia”, punya sebuah pendapat menarik.
72. Menurutnya, ketidakjujuran #Sejarah terhadap kontribusi Islam di Indonesia ini sangatlah berbahaya.
73. Diskriminasi semacam ini membuat umat Islam merasa menjadi warga kelas dua di negerinya sendiri. #Sejarah
74. Pdhal, ketika mengusir penjajah dulu, umat Islam adalah kekuatan utama di negeri ini. #Sejarah
75. Pada akhirnya perasaan ‘warga kelas dua’ ini menimbulkan semacam kegamangan dlm hati umat Islam. #Sejarah
76. Muncullah generasi yg merasa bahwa identitas ‘Keislaman’ dan ‘Keindonesiaan’ saling berlawanan dlm dirinya. #Sejarah
77. Jika ia menunjukkan identitasnya sbg seorang Muslim, maka ia merasa ‘kurang Indonesia’. #Sejarah
78. Sebaliknya, jika ia mendahulukan negara, maka ia merasa ‘kurang Islami’. #Sejarah
79. Oleh karena itu muncullah gerakan2 radikal yg memperuncing masalah antara agama dan nasionalisme tsb. #Sejarah
80. Padahal, ulama2 besar sejak dahulu tak pernah mempertentangkan keduanya. #Sejarah
81. Oleh krn itu, pemerintah RI harus berkaca pada cermin yg jernih. #Sejarah
82. Benarkah radikalisme di negeri ini lahir karena ajaran Islam? #Sejarah
83. Ataukah radikalisme sebenarnya lahir karena diskriminasi #Sejarah thd umat Muslim?
84. Sudah saatnya kita membaca #Sejarah dengan jujur, apa adanya, tanpa perlu menganaktirikan salah satu pihak.
85. Umat Islam telah banyak berkontribusi bg negeri ini, krn hal itu adalah seruan agamanya. #Sejarah
86. Oleh karena itu, tidaklah layak menjadikan umat Muslim sbg kambing hitam #Sejarah.
88. Mari bekerja untuk Indonesia!😀 #Sejarah

One thought on “Kultwit @malakmalakmal tentang #Sejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s