‘Belajar’ dari Pohon Kelapa


pict: budhisantoso97.blogdetik.com

Anda pernah melihat pohon kelapa?
Saya yakin hampir semua penduduk Indonesia ini pernah melihat pohon yang satu ini. Jikapun belum pernah melihat, hampir pasti pernah merasakan manfaat dari pohon yang satu ini. Mulai dari bumbu pelengkap masakan sampai bahan bangunan.

Pohon yang banyak tumbuh di Indonesia ini, memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Pun begitu dengan tanaman-tanaman lain yang ada di sekitar kita. Tapi kali ini saya ingin mengkhususkan pembahasan tentang pohon kelapa.

Mari kita mulai pembahasan dari akarnya. Akar ini bisa dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obato-batan (dalam ukuran atau takaran tertentu). Selain itu kegunaan yang sangat sederhana, akar pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan untuk kerajinan dan kayu bakar.

Naik sedikit ke atas, pada batang pohon kelapa yang terkenal kuat, dapat kita manfaatkan sebagai bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik.

Berikutnya, daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi, dan tusuk sate ayam.

Yang sedikit tersembunyi, ada Nira. Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5 sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dan kental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan.

Yang semua orang tau tentu adalah buahnya, baik yang muda maupun yang sudah tua. Buah kelapa memiliki bagian berupa daging dan juga air selain serabutnya tentu saja. Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa. Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.

Untuk serabut dan tempurung kelapa bisa kita manfaatkan sebagai bahan bakar. Bahkan untuk tempurung kelapa sendiri bisa kita olah menjadi arang yang lebih memiliki nilai jual lagi.
Itulah gambaran akan manfaat pohon kelapa. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang dikaruniai akal dan pikiran. Karenanya, sudah semestinya apabila kita bisa berkaca dari pohon kelapa tersebut. Sejauh mana manfaat diri kita, baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, agama, maupun bangsa kita. Rasulullah SAW bersabda; “Sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi yang lainnya.”

One thought on “‘Belajar’ dari Pohon Kelapa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s