Keraguan Untuk Menikah


Beberapa hari yang lalu salah seorang teman saya, sebut saja namanya Ahmad, tiba-tiba mengirimkan message chatting via facebook. Teman yang satu SMA dengan saya ini setelah berbasa-basi ngalor-ngidul terlebih dahulu sampailah ia pada point yang sebenarnya ingin disampaikan.

Awalnya saya cukup terkejut dengan pertanyaan yang diajukan meskipun bukan hal tabu lagi untuk orang-orang seusia kami membicarakan masalah pernikahan. Berikut ini kurang lebih percakapan di antara kami:

Ahmad: Mas, kalau cita-citaku berlum kesampaian, belum jadi PNS, belum punya rumah sendiri, belum ngelanjutin ke S2, apakah keputusan untuk menikah sudah tepat?

Saya:      he he he… kalo urusan menikah bukan masalah sudah atau belum PNS, bukan juga masalah udah punya atau belum rumah sendiri dan lain-lain. Itu semua tidaklah selayaknya menjadi batasan untuk kita boleh/ tidak menikah. Tapi semua itu tergantung persiapan, Pak. Tentu persiapan-persiapan itu juga tidaklah sederhana, ada persiapan fisik, mental, ilmu dan lain sebagainya.

Ahmad:  masalahnya, ketakutan-ketakutan itu selalu ada, mas. Takut tak tercukupi, takut tak sesuai target dan takut ini-itu…

Saya:      Pak, bahkan saat nanti kita lulus S3 sekalipun, ketakutan-ketakutan itu masih ada saat kita hendak memutuskan untuk menikah. Percayalah ketakutan-ketakutan itu akan tetap ada. Itu manusiawi, karena dengan menikah kita akan benar-benar memasuki dunia baru, dunia yang sama sekali belum pernah kita jamah bahkan (mungkin) dalam mimpi sekalipun.

Ahmad:  Doakan aku semoga semakin siap, mantap dan dimudahkan jalannya ya, kawan?

Saya:      Aamiin, jangan lupa istikharah sebelum memutuskan, tanya sama Yang Maha Tahu, Pak. InsyaAllah tidak akan kecewa.

Ahmad:  InsyaAlloh, thanks ya, mas.

Saya:      Sami-sami, semoga sukses.

Kurang lebih itulah percakapan singkat kami. Mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran dari percakapan di atas. Terutama yang masih ragu memutuskan untuk menikah🙂

Salam Justice ^_^

One thought on “Keraguan Untuk Menikah

Leave a Reply

