[Kisah Inspiratif] Rasa Lelah


Dikisahkan, ada dua orang tukang bangunan yang bekerja pada majikan yang sama. Keduanya sudah di akhir masa baktinya kepada sang majikan. Mereka mengajukan pensiun dari pekerjaannya bersamaan. Akhirnya sang majikanpun mengijinkan keduanya untuk pensiun dengan satu syarat, yaitu masing-masing dari mereka membuatkan sebuah rumah untuknya dengan desain, spesifikasi dan detail yang sama persis. Keduanya pun dibayar dengan upah yang sama.

Singkat cerita, tukang bangunan A membangun dengan asal-asalan dan terus-terusan menggerutu dengan alasan lelah, capek dan upah yang diberikan tidak seberapa dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukannya. Alhasil, hasil kerjaannya pun tidaklah maksimal. Rumah yang dibuatnya, temboknya retak dimana-mana, cat yang berantakan, lantai yang bergelombang serta susunan atap yang berantakan.

Sedangkan tukang bangunan B membangun dengan semangat dan etos kerja yang tinggi. Meskipun dibayar dengan upah yang minimal, pekerjaan yang dilakukannya tetap harus maksimal. Dia tidak pernah mengeluh karena capek atau apapun. Dan sudah barang tentu kualitas bangunan yang dihasilkanpun nyaris sempurna. Dia pun merasa puas dengan hasil kerjanya selama ini.

Setelah kedua rumah itu selesai dibangun, betapa terkejutnya kedua anak buah tersebut saat sang majikan mengatakan, “rumah yang kalian bangun, saya berikan untuk kalian sebagai tanda terima kasih saya atas pengabdian kalian selama ini”. Tukang bangunan A pun begitu kecewa dengan hasil yang dia kerjakan sendiri. Tapi tidak begitu dengan temannya, Tukang bangunan B begitu gembira menerima pemberian dari sang majikan.

***

Sahabat, mari kita perhatikan, tukang bangunan pada kisah di atas, keduanya sama-sama merasakan kelelahan dan kepayahan yang sama. Tapi, karena cara menyikapinya yang berbeda, sudah barang tentu hasilnya pun berbeda. Kelelahan itu, semua terserah pada kita, apakah akan hanya mengeluhkannya atau kita tetap menjalaninya dengan senang hati?

4 thoughts on “[Kisah Inspiratif] Rasa Lelah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s