Logo ODOJSudah dua bulan ini saya bergabung menjadi member satu komunitas yang tengah booming di Indonesia. Anggota komunitas ini biasa menyebutnya Odoj. Ya, One Day One Juz alias Satu Hari Satu Juz. Komunitas ini beranggotakan orang-orang yang berusaha untuk komit membiasakan tilawah Al Qur’an minimal satu juz dalam satu hari. Orang-orang yang tergabung dalam komunitas ini sering juga disebut Odojers.

Ahad, 4 Mei kemarin komunitas ini baru melakukan hajatan besar berupa Grand Launching di Istiqlal. Kabarnya yang hadir mencapai 40 ribuan odojers. Jauh melampaui target dari panitia, 30ribu attendances. Saya juga membaca di media kalau pada event ini terpecahkan satu rekor MURI, tilawah bersama dengan peserta terbanyak. Kabarnya bukan cuma rekor MURI bahkan sampai ke rekor dunia. Masya’ Allah.

Tentang hal-hal yang lebih detail mengenai acara itu, kalian bisa googling sendiri. Kebetulan saya juga dapat info-info di atas juga dari media sosial.

Di sini saya hanya ingin menggambarkan bagaimana odoj sudah menghadirkan suasana Ramadhan dalam kehidupanku. Kini, di sudut-sudut di stasiun yang biasa kita lewati, tak asing lagi jika bapak-bapak atau ibu-ibu yang tengah asyik bertilawah. Di sudut-sudut bis kota, di dalam angkot, kereta api kita juga tak lagi merasa aneh saat ada orang tengah asyik dengan smart phone-nya sambil mulutnya komat-kamit menggumamkan ayat sucinya.

Di meja kerja, juga sudah menjadi pemandangan yang jamak bagi kita melihat seseorang tenggelam dalam lantunan ayat-ayat al Qur’an nan mulia. Apalagi di masjid dan mushala. Alhamdulillah, suasana yang dulunya hanya kita temui di bulan Ramadhan kini hadir dalam setiap bulan. Semoga saja suasana ini akan terus hadir dengan berbagai macam amalan lainnya di luar tilawah al Qur’an.

Terakhir, ijinkan saya mengutip sebuah hadits tentang keutamaan ahli Al Qur’an, Dari Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu Ta’ala ‘anhu berkata: bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam: “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari AlQur’an dan mengajarkannya”. (Dikeluarkan oleh Imam Bukhari Rahimahullahu Ta’ala). Semoga kita menjadi bagian dari sebaik-baik manusia seperti yang tercantum dalam hadits itu. aamiin.

Buat kalian yang ingin merasakan suasana Ramadhan juga, silahkan bergabung di komunitas OneDayOneJuz dengan mendaftar via http://onedayonejuz.org/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s