Tentang Bekerja, Tentang Rezeki


bekerjalah kamuKatakanlah: “Hai kaumku, bekerjalah di atas keadaan kalian, sesungguhnya aku pekerja pula, maka kelak kalian akan mengetahui.” {QS39:39}

“Hai kaumku, bekerjalah”; ia adalah bentuk syukur yang indah, atas karunia ruh, akal, & jasad terlimpah. Sedikit hamba yang dapat menempah.

“Hai kaumku, bekerjalah”; rizqi telah tertulis; maka kerja jadilah semata ibadah karenaNya; ‘itqan, ihsan, & ikhlas agar berkahnya berlapis.

“Hai kaumku, bekerjalah”; agar hati tak berharap karunia selain dariNya, hingga tegak punggung berketaatan; menetapi wajib, mengeja sunnah.

“Hai kaumku, bekerjalah”; rizqi keluarga, sesama, & dhu’afa juga telah tertulis; jika tertitip melalui kerja kita, ini kemuliaan berpahala.

“Maka kelak kalian akan mengetahui”; bahwa tak sedetikpun kerja kita lepas dari awasanNya, lolos dari catatanNya, & luput dari hitunganNya.

“Maka kelak kalian akan mengetahui”; bahwa Allah Maha Adil pada kerja yang dosa & nista; Maha Dermawan pada kerja yang shalih & diridhaiNya.

“Maka kelak kalian akan mengetahui”; bahwa hanya dariNya daya tuk bekerja, hanya dariNya kurnia segala rupa, hanya dariNya balasan sempurna.

Maka segala puji bagi Allah yang menjadikan diri kita sekumpulan noktah waktu; tiap berlalu sepetang & sepagi, hilang pula sebagian diri..

Dan sabarlah engkau terhadap dirimu tuk bersama orang-orang yang menyeru Rabb mereka pada pagi & petang, demi mengharap ridhaNya.. (QS18:28)

Dari tweet @salimafillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s